KAJIAN PELUANG INVESTASI NGASIRAH SQURE

Pemanfaatan aset Daerah merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang perlu digali kemanfaatannya. Kabupaten Kudus sebagai kota industri dan perdagangan memberikan peluang untuk tumbuh dan kembangnya investasidi sektor tersebut. Revitalisasi tempat-tempat perdagangan dan pasar modern perlu dilakukan untuk menunjang kebutuhan tersedianya jasa di Kabupaten Kudus, hal ini di dukung terhadap kebutuhan sektor jasa di kabupaten Kudus sebagai kabupaten penyangga kebutuhan daerah sekitarnya.

Investasi yang akan ditawarkan kepada investor merupakan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Investasi pembangunan infrastruktur berupa gedung ngasirah squre merupakan rencana pembangunan Mall perbelanjaan, Hotel, gedung pertemuan dan kios untuk usaha Mikro Kecil sebagai lahan promosi produk unggulan di kabupaten Kudus, terintegrasi menjadi satu dalam struktur bangunan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan terkait keterbatasan dana dalam mengelola aset Daerah, Pemerintah Kabupaten Kudus menawarkan kerjasama kepada investor dalam pengelolaan aset Daerah tersebut.

Aset yang ditawarkan untuk pembangunan proyek Ngasirah Squre merupakan tanah Pemerintah Daerah dengan luas 9.610 m2. Aset tersebut terletak di desa Rendeng yang sudah menjadi hak kelola Pemerintah Kabupaten Kudus berdasarkan Hak Pakai (HP) No. 22 Tahun 2021.

-6.8032133,110.8577339

Nilai Investasi : 135 milyar (estimasi tahun 2019)
Skema Investasi : Build Operate and Transfer (BOT) / Bangun Guna Serah (BGS)
Kondisi Saat ini : Belum terbangun, hanya ketersediaan lahan.
Ruang Lingkup proyek :

Pembangunan infrastruktur gedung serba guna (4 lantai), dimana didalamnya terdapat:

  1. Sarana Hotel
  2. Swalayan
  3. Stand UMK
  4. Convention Hall
 Ketersediaan Pasar : Aspek pasar dan pemasaran juga menunjukkan adanya potensi yang baik jika dilihat dari perkembangan sector perdagangan dan jumlah penduduk Kabupaten Kudus yang terus mengalami peningkatan. Fasilitas yang memadai serta lokasi yang strategis juga mampu menjadi added value.
Luas Lahan : ±9.610 m2
Sumber Air : Lokasi proyek merupakan daerah yang dilalui oleh jalur PDAM Kabupaten Kudus
Kelistrikan : Ketersediaan listrik didukung oleh 2 Gardu Listrik dengan masing-masing daya 150kV
Telekomunikasi : Sarana telekomunikasi tersedia dengan baik, lokasi proyek bukan merupakan Daerah blank spot

NPV : 115.279.184.509
IRR : 75%
B/C RATIO : -
PAYBACK PERIOD : 20 tahun

NAMA PIC : HARSO WIDODO,AP
NAMA INSTANSI : DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
ALAMAT INSTANSI : JL. SIMPANG TUJUH NO.1 KUDUS
HP/EMAIL : 081228559295/dpmptsp@kuduskab.go.id