Kudus Upayakan Penanaman Investasi Meningkat di Sisa Waktu 2024

Pj Bupati Kudus HM Hasan Chabibie pun telah menyiapkan sejumlah Langkah untuk peningkatan investasi di Kudus ini. Seperti optimalisasi asset, digitalisasi retribusi dan penggalian potensi.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kudus, Muhammad Hasan Chabibie menyiapkan tiga langkah untuk meningkatkan investasi di wilayah Kabupaten Kudus.

”Terkait investasi, kita harus melakukan optimalisasi di beberapa aset yang ada,” kata Hasan ketika ditemui awak media usai rapat paripurna DPRD Kudus pada Jumat, (28/6/2024).

Dia mengatakan, beberaoa aset milik Pemkab Kudus saat ini memang telah ditawarkan kepada investor. Baik dari dalam maupun luar negeri. Satu yang masih berproses yakni di lahan bekas eks Matahari Mall Kudus.

”Lahan Eks Mall Matahari Kudus sudah ada yang menawar, sekarang masih dalam proses kajian,” tambahnya.

Langkah selanjutnya usai optimalisasi aset adalah dengan melakukan digitalisasi berkaitan retribusi. Penggalian potensi juga harus tak henti dilakukan Pemkab Kudus. Sehingga peningkatan investasi bisa terjadi di Kudus pada tahun ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Harso Widodo mengungkapkan, saat ini progres investasi untuk Matahari Mall Kudus belum menemui titik terang.

Investor, masih mempertimpangkan untung rugi bakal investasinya itu.

”investor juga memperhitungkan kira-kira balik modal membutuhkan berapa tahun, termasuk untung ruginya juga,” terang Harso.